Minggu, 29 Januari 2017

Tips Agar Belajar Lebih Fokus

Tidak lama lagi kita akan dihadapkan pada suatu kegiatan yang selalu dilaksanakan pada setiap akhir pendidikan baik kelas VI, IX, maupun kelas XII yaitu Ujian Nasional (UN). Terlebih lagi mulai tahun 2017 Ujian Nasional tidak lagi menggunakan kertas atau sering disebut Paper Based Test (PBT), tetapi merupakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal ini tentu merupakan tambahan "beban" bagi peserta didik terutama yang kurang menguasai teknlogi atau sering disebut gagap teknologi (gaptek). Sebagai seorang peserta didik, tentu dituntut agar dapat menguasai materi dengan sebaik-baiknya sehingga ketika melakukan ujian online, sudah tidak ada lagi beban yang bertumpuk-tumpuk.

Setiapa masalah tentu ada jalan keluarnya. demikian pula dengan kesulitan saat kita sedang belajar untuk menghadapi ujian. berikut ini akan penulis sampaikan beberapa tips yang mungkin dapat membantu peserta didik agar lebih fokus dalam belajar, adalah sebagai berikut:
  1. Cari tempat dan waktu yang cocok untuk belajar. Beberapa  tempat yang bisa digunakan untuk belajar antara lain kamar tidur, perpustakaan, bisa juga belajar di musholla. Hindarkan dari suasana bising. Jika anda belajar di kamar, maka tutplah pintu agar suara dari luar tidak mengganggu.
  2. Carilah teman belajar. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa berbagi atau menambah pengetahuan. Usahakan teman yang lebih pintar, tetapi jangan pelit berbagi dengan yang kurang pintar sebagai wujud interaksi sosial. 
  3. Kumpulkan semua peralatan yang berkaitan dengan materi pelajaran. Jika anda harus mencari-cari alat saat sedang belajar, maka akan menyebabkan konsentrasi terganggu.
  4. Kumpulkan kudapan yang sesuai. Jangan pilih minuman energi atau kopi karena sebentar saja Anda akan lemas lagi. Granola Bar, buah-buahan dan air putih bagus karena sederhana dan efektif dalam mengeluarkan karbohidrat
  5. Istirahat sejenak. Setelah 45 menit belajar, istirahatlah 10 menit dan lakukan hal lain. Usahakan kembali belajar setelah beristirahat, jangan sampai waktu istirahat Anda melebihi 20 menit.
  6. Dapatkan motivasi yang tepat. Jika Anda mengulang pelajaran dengan baik dan bersiap-siap untuk ujian, Anda akan dapat menjalankaninya dengan baik. Tetapkan tujuan ketika mengulang pelajaran supaya nyaman ketika ujian. Jangan menganggap ujian sebagai beban, anggap saja ujian itu sebagai tantangan dalam proses belajar Anda.
  7. Duduk dan belajarlah. Anda sudah mendapatkan semua yang Anda butuhkan dan tidak ada alasan menunda-nunda. Tinggal mempersiapkan diri dan materinya. Jadi, tunggu apa lagi?  
  8. Ikuti program Pengadaan di sekolah dengan baik
    Jika badan kita sehat, penuh semangat, maka hidup kita akan dipenuhi dengan gairah dan kebahagiaan. Dalam mengikuti program pembelajaran di sekolah pun lebih bersemangat.
  9. Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua
    Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya, mintalah restu pada orang tua anda. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi anda.
  10. Jaga kesehatan
    Tentunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, loyo, kurang gairah dll. Kesehatan itu mahal, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat kedokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, gak bergairah dan lemes... masa depan yang akan jadi taruhannya. Semoga bermanfaat bagi anda.... 


2 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html