Senin, 30 Januari 2017

RPP Bahasa Indonesia Teks Eksposisi Kelas X



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Satuan Pendidikan    : SMKN 1 Rawajitu Selatan
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                    : X / 1
Alokasi Waktu                       : 2 pertemuan (4 x 45 menit)         

A.      Kompetensi Inti (KI)

KI-3 Memahami, menerapakan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural
         berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
         humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
         penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
         kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI-4 Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
         pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
         metode sesuai dengan kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1.      Mengidentifikasi kelengkapan struktur  teks eksposisi
3.4.2.      Mengidentifikasi ketepatan penggunaan bahasa pada teks eksposisi
3.4.3.      Menyimpulkan kekurangan dan kelebihan teks eksposisi

4.4.1.      Menyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi
4.4.2.      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi  teks eksposisi yang telah disusun

D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca teks eksposisi peserta didik mampu:
1.         Mengidentifikasi kelengkapan struktur
2.         Mengidentifikasi ketepatan penggunaan bahasanya.
3.         Menyimpulkan kekurangan dan kelebihan teks eksposisi yang dibaca.
4.         Menyusun kembali teks eksposisi  dengan memerhatikan isi
5.         Mempresentasikan,menanggapi,dan merevisi  teks eksposisi yang telah disusun
E.       Materi pembelajaran
1.         Membedah struktur teks eksposi isi (tesis, argumen, pernyataan ulang)
2.    Menemukan unsur kebahasaan dalam teks eksposisi (kalimat nominal dan kalimat verbal), pola penalaran deduksi dan induksi

F.       Pendekatan, Model dan Metode
1.        Pendekatan          : saintifik
2.        Model                   : discovery learning
3.        Metode                 : diskusi, dan penugasan

G.      Kegiatan pembelajaran

Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan (15 menit)
a.         Do’a dan presensi
4 menit
b.        Peserta didik menerima motivasi
  3 menit
c.         Peserta didik mengamati struktur teks sebagai bahan apersepsi
4 menit
d.        Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran
2 menit
e.         Peserta didik menyimak langkah pembelajaran yang akan dilakukan
2 menit
Inti (105 menit)
a.         Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 3-4 orang
b.        Peserta didik mempersiapkan buku siswa atau sumber belajar yang relevan
10 menit
c.         Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aspek yang dievaluasi dalam teks eksposisi(Ekonomi Indoesia lampaui Jerman) dan contoh struktur teks hasil abstraksi (mengamati)
10 menit
d.        Peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan mengevaluasi dan mengabstraksi teks eksposisi (menanya)
5 menit
e.         Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi kelengkapan struktur dan kebahasaan dalam teks eksposisi manfaat jamu tradisional.
f.         Peserta didik secara berkelompok menilai kelebihan dan kekurangan struktur teks eksposisi Manfaat jamu Tradisional. (menalar)
20 menit
g.        Peserta didik secara berkelompok menyusun struktur teks yang berisi pokok isi teks eksposisi Manfaat Jamu Tradisional (mencoba)
20 menit
h.        Semua kelompok secara bergiliran menyajikan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. (mengomunikasikan)
35 menit
i.          Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok penyaji yang berupa masukan maupun sanggahan
j.          Peserta didik menerima penguatan dari guru
5 menit
Penutup (15 menit)
a.         Peserta didik bersama guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang baru saja dilakukan.
5 menit
b.        Peserta didik melakukan refleksi tentang kesulitan yang dialami dan bagian yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
5 menit
c.         Peserta didik mencatat informasi tugas rumah yaitu mencari teori tentang pidato
3 menit
d.         Doa
2 menit


H.      Penilaian Pembelajaran
1.        Teknik dan Bentuk Instrumen
Aspek
Bentuk Instrumen
Aspek yang Dinilai
Pengetahuan
Tugas mengevaluasi teks eksposisi
Kemampuan mengevaluasi/ menilai kelebihan dan kekurangan teks eksposisi
Keterampilan
Praktik mengabstraksi dan mengonversi teks eksposisi

Kemampuan membuat struktur teksdan menulis teks pidato
I.         Media, alat, dan sumber belajar
1.         Media: contoh teks eksposisi
2.         Bahan/alat: LCD,  laptop,
3.         Sumber belajar:
a.    Buku Peserta didik (Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik)
b.    Google.com dan situs lain

Mengetahui,
Kepala ............................................



.............................................
................, ................ 2016
Guru Pengajar



----------------------------





LAMPIRAN 1

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

Soal
Bacalah teks eksposisi Manfaat Jamu Tradisional yang ada di buku siswa dengan seksama!
1. Identifikasi kelengkapan struktur dan ketepatan kebahasaan teks tersebut!
2. Simpulkanlah kelebihan dan kekurangan struktur teks yang kalian baca berdasarkan hasil identifikasimu!

MANFAAT JAMU TRADISIONAL
                   Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal mengalami kemajuan. Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang makin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan teknologi kesehatan.
Walaupun demikian, obat tradisional atau yang sering disebut jamu masih mendapat tempat di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.
            Berikut adalah kelebihan-kelebihan obat tradisional (Katno, Balitro Tawangmangu, dan S. Pramono, Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, Tribun Yogya edisi 16 Oktober 2011). (1)  Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi tertentu. (2)  Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat). (3) Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi. (4)  Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti diabetes, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik) dan penyakit degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan pikun.
            Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan dengan obat modern lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.

Kunci
Struktur
Tesis: obat tradisional atau yang sering disebut jamu masih mendapat tempat di hati
            masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan
            dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran

Argumen: Berikut adalah kelebihan-kelebihan obat tradisional (Katno, Balitro 
                 Tawangmangu, dan S. Pramono, Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta,
                 Tribun Yogya edisi 16 Oktober 2011).
1)      Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran, cara
2)      pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi tertentu.
3)      Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).
4)      Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi.
5)      Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti diabetes, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik) dan penyakit degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan pikun.
Penegasan ulang: Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan dengan obat
            modern lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama
            dan terusmenerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat
            memicu penyakit baru.
Bahasa:
Persepsi penulis:
-  Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan.
-  Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan..
Sebab akibat: Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.
Kelebihan dan kekurangan
Teks telah memenuhi struktur teks eksposisi dengan lengkap.













Rubrik Penilaian menganalisis Teks eksposisi

No
Aspek yang dinilai
Deskriptor
Skor


1.
Mengidentifikasi kelengkapan struktur
Skor 4 jika mampu menemukan 3 struktur dengan disertai bukti
Skor 3 jika hanya menemukan 2 struktur diserai bukti
Skor 2 jika hanya menemukan satu unsur
Skor 1 jika tidak menemukan unsur struktur teks


2.
Mengidentifikasi kebahasaan
Skor 4 jika mampu menemukan 4 kebahasaan (kalimat nominal dan verbal) eksposisi dengan disertai bukti
Skor 3 jika hanya menemukan dua unsur kebahasaan diserai bukti
Skor 2 jika hanya menemukan satu unsur kebahasaan teks eksposisi
Skor 1 jika tidak mmenemukan unsur kebahasaan


3.
Simpulan kelebihan & kekurangan  
Skor 4 jika mampu menyimpulkan kelebihan/ kekurangan teks eksposisi dengan objektif
Skor 3 jika mampu menyimpulkan kelebihan/ kekurangan teks eksposisi disertai alasan yang tidak objektif
Skor 2 jika mampu menyimpulkan kelebihan dan kekurangan teks eksposisi tanpa alasan
Skor 1 jika tidak bisa menyimpulkan kelebihan/kekurangan teks eksposisi


Total skor yang diperoleh




Nilai : 
Jumlah skor
X 100
12




LAMPIRAN 2
Lembar Penilaian Keterampilan

Soal 1 (lanjutan soal pengetahuan)
3. Tuliskan kembali isi teks eksposisi yang kalian baca menjadi sebuah struktur teks!

Pedoman Penskoran
No
Aspek yang dinilai
Deskriptor
Skor


1.
Kerincian isi
Skor 4 jika struktur teks memuat seluruh isi dengan rinci
Skor 3 jika  struktur teks memuat 75% dari  seluruh isi teks.
Skor 2 jika  struktur teks memuat 50% dari  seluruh isi teks.
Skor 1  jika  struktur teks memuat < 25%   dari seluruh isi teks.


2.
Struktur
Skor 4 jika struktur  lengkap, sistematis, dan padu
Skor 3 jika hanya terpenuhi dua syarat diatas
Skor 2 jika hanya terpenuhi satu syarat diatas
Skor 1 jika tidak terpenuhi syarat struktur teks


3.
Penggunaan Ejaan
Skor 4 jika menemukan salah penggunaan ejaan maksimal  5 kesalahan
Skor 3 jika  salah  penggunaan ejaan maksimal 6 - 10   kesalahan
Skor 2 jika  salah  penggunaan ejaan maksimal 11- 15   kesalahan
Skor 1 jika   salah  penggunaan ejaan  16 kesalahan ke atas


Total skor yang diperoleh




Nilai : 
Jumlah skor
X 100
8






1 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html