RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Satuan Pendidikan : SMKN 1 Rawajitu Selatan
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
X / 1
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (4 x 45 menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI-3 Memahami,
menerapakan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI-4 Mengolah, menalar,
dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai dengan kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
eksposisi
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan dan rekomendasi), struktur
dan kebahasaan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1. Mengidentifikasi
kelengkapan struktur teks eksposisi
3.4.2. Mengidentifikasi
ketepatan penggunaan bahasa pada teks eksposisi
3.4.3. Menyimpulkan
kekurangan dan kelebihan teks eksposisi
4.4.1.
Menyusun
kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi
4.4.2.
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
teks eksposisi yang telah disusun
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca teks eksposisi peserta didik
mampu:
1.
Mengidentifikasi
kelengkapan struktur
2.
Mengidentifikasi
ketepatan penggunaan bahasanya.
3.
Menyimpulkan
kekurangan dan kelebihan teks eksposisi yang dibaca.
4.
Menyusun kembali
teks eksposisi dengan memerhatikan isi
5.
Mempresentasikan,menanggapi,dan
merevisi teks eksposisi yang telah
disusun
E.
Materi pembelajaran
1.
Membedah
struktur teks eksposi isi (tesis, argumen, pernyataan ulang)
2.
Menemukan
unsur kebahasaan dalam teks eksposisi (kalimat nominal dan kalimat verbal),
pola penalaran deduksi dan induksi
F.
Pendekatan, Model dan Metode
1.
Pendekatan : saintifik
2.
Model : discovery learning
3.
Metode : diskusi,
dan penugasan
G.
Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan (15 menit)
|
|
a.
Do’a
dan presensi
|
4 menit
|
b.
Peserta
didik menerima motivasi
|
3 menit
|
c.
Peserta
didik mengamati struktur teks sebagai bahan apersepsi
|
4 menit
|
d.
Peserta
didik menyimak tujuan pembelajaran
|
2 menit
|
e.
Peserta
didik menyimak langkah pembelajaran yang akan dilakukan
|
2 menit
|
Inti (105 menit)
|
|
a.
Peserta didik membentuk kelompok dengan
anggota 3-4 orang
b.
Peserta
didik mempersiapkan buku siswa atau sumber belajar yang relevan
|
10 menit
|
c.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang aspek yang dievaluasi dalam teks
eksposisi(Ekonomi Indoesia lampaui Jerman) dan contoh struktur teks hasil
abstraksi (mengamati)
|
10 menit
|
d.
Peserta
didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan mengevaluasi dan mengabstraksi teks eksposisi (menanya)
|
5 menit
|
e.
Peserta
didik secara berkelompok mengidentifikasi kelengkapan struktur dan kebahasaan
dalam teks eksposisi manfaat jamu
tradisional.
f.
Peserta
didik secara berkelompok menilai kelebihan dan kekurangan struktur teks
eksposisi Manfaat jamu Tradisional.
(menalar)
|
20 menit
|
g.
Peserta didik secara berkelompok menyusun struktur teks yang
berisi pokok isi teks eksposisi Manfaat Jamu Tradisional (mencoba)
|
20 menit
|
h.
Semua kelompok secara bergiliran menyajikan hasil diskusinya
dalam diskusi kelas. (mengomunikasikan)
|
35 menit
|
i.
Kelompok lain menanggapi hasil diskusi
kelompok penyaji yang berupa masukan
maupun sanggahan
|
|
j.
Peserta
didik menerima penguatan dari guru
|
5 menit
|
Penutup (15 menit)
|
|
a.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang baru saja
dilakukan.
|
5 menit
|
b.
Peserta didik melakukan refleksi tentang kesulitan yang dialami
dan bagian yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
|
5 menit
|
c.
Peserta
didik mencatat informasi tugas rumah yaitu mencari teori tentang pidato
|
3 menit
|
d.
Doa
|
2 menit
|
H. Penilaian Pembelajaran
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Aspek
|
Bentuk Instrumen
|
Aspek yang Dinilai
|
Pengetahuan
|
Tugas
mengevaluasi teks eksposisi
|
Kemampuan
mengevaluasi/ menilai kelebihan dan kekurangan teks eksposisi
|
Keterampilan
|
Praktik
mengabstraksi dan mengonversi teks eksposisi
|
Kemampuan
membuat struktur teksdan menulis teks pidato
|
I.
Media, alat, dan sumber belajar
1.
Media: contoh
teks eksposisi
2.
Bahan/alat:
LCD, laptop,
3.
Sumber
belajar:
a.
Buku Peserta didik (Bahasa
Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik)
b.
Google.com dan situs lain
Mengetahui,
Kepala ............................................
.............................................
|
................, ................
2016
Guru Pengajar
----------------------------
|
LAMPIRAN 1
LEMBAR
PENILAIAN PENGETAHUAN
Soal
Bacalah
teks eksposisi Manfaat Jamu Tradisional
yang ada di buku siswa dengan seksama!
1.
Identifikasi kelengkapan struktur dan ketepatan kebahasaan teks tersebut!
2.
Simpulkanlah kelebihan dan kekurangan struktur teks yang kalian baca
berdasarkan hasil identifikasimu!
MANFAAT JAMU TRADISIONAL
Seiring dengan kemajuan zaman, banyak
hal mengalami kemajuan. Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang
makin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, secara ekonomis,
masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan teknologi
kesehatan.
Walaupun
demikian, obat tradisional atau yang sering disebut jamu masih mendapat tempat
di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan
dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga
dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.
Berikut adalah kelebihan-kelebihan
obat tradisional (Katno, Balitro Tawangmangu, dan S. Pramono, Fakultas Farmasi
UGM Yogyakarta, Tribun Yogya edisi 16 Oktober 2011). (1) Obat tradisional mempunyai efek samping yang
lebih kecil apabila digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran,
cara pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi tertentu.
(2) Ada efek komplementer dan/atau
sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat). (3) Satu
tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi. (4) Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit
metabolik, seperti diabetes, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik)
dan penyakit degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan
pikun.
Keunggulan obat tradisional jika
dibandingkan dengan obat modern lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi
dalam waktu lama dan terus menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping
yang dapat memicu penyakit baru.
Kunci
Struktur
|
Tesis: obat
tradisional atau yang sering disebut jamu masih mendapat tempat di hati
masyarakat.
Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan
dengan
obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran
Argumen: Berikut adalah
kelebihan-kelebihan obat tradisional (Katno, Balitro
Tawangmangu,
dan S. Pramono, Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta,
Tribun
Yogya edisi 16 Oktober 2011).
1)
Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih
kecil apabila digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran, cara
2)
pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan
indikasi tertentu.
3)
Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan
obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).
4)
Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat
farmakologi.
5)
Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik,
seperti diabetes, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik) dan
penyakit degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan
pikun.
Penegasan ulang: Keunggulan
obat tradisional jika dibandingkan dengan obat
modern
lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama
dan terusmenerus, obat modern akan mengakibatkan
efek samping yang dapat
memicu penyakit baru.
|
Bahasa:
|
Persepsi penulis:
- Jamu dipercaya
mempunyai banyak kelebihan.
- Jamu juga
dianggap lebih sesuai dengan..
Sebab akibat:
Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu
penyakit baru.
|
Kelebihan dan
kekurangan
|
Teks telah memenuhi struktur teks eksposisi
dengan lengkap.
|
Rubrik
Penilaian menganalisis Teks eksposisi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Deskriptor
|
Skor
|
|
1.
|
Mengidentifikasi kelengkapan struktur
|
Skor 4 jika mampu menemukan 3 struktur dengan
disertai bukti
Skor 3 jika hanya menemukan 2 struktur diserai
bukti
Skor 2 jika hanya menemukan satu unsur
Skor 1 jika tidak menemukan unsur
struktur teks
|
||
2.
|
Mengidentifikasi kebahasaan
|
Skor 4 jika mampu menemukan 4 kebahasaan (kalimat
nominal dan verbal) eksposisi dengan disertai bukti
Skor 3 jika hanya menemukan dua unsur kebahasaan
diserai bukti
Skor 2
jika hanya menemukan satu unsur kebahasaan teks eksposisi
Skor 1
jika tidak mmenemukan unsur kebahasaan
|
||
3.
|
Simpulan kelebihan & kekurangan
|
Skor 4 jika mampu menyimpulkan kelebihan/
kekurangan teks eksposisi dengan objektif
Skor 3 jika mampu menyimpulkan kelebihan/
kekurangan teks eksposisi disertai alasan yang tidak objektif
Skor 2 jika mampu menyimpulkan kelebihan dan
kekurangan teks eksposisi tanpa alasan
Skor 1 jika tidak bisa menyimpulkan
kelebihan/kekurangan teks eksposisi
|
||
Total skor yang
diperoleh
|
Nilai
:
|
Jumlah
skor
|
X 100
|
12
|
LAMPIRAN 2
Lembar Penilaian Keterampilan
Soal 1 (lanjutan soal
pengetahuan)
3. Tuliskan kembali isi teks eksposisi
yang kalian baca menjadi sebuah struktur teks!
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek yang dinilai
|
Deskriptor
|
Skor
|
|
1.
|
Kerincian isi
|
Skor 4 jika struktur teks memuat seluruh isi dengan rinci
Skor 3 jika struktur teks memuat 75% dari seluruh isi teks.
Skor 2 jika
struktur teks memuat 50% dari
seluruh isi teks.
Skor 1 jika
struktur teks memuat < 25%
dari seluruh isi teks.
|
||
2.
|
Struktur
|
Skor 4 jika struktur lengkap, sistematis, dan padu
Skor 3 jika hanya terpenuhi dua syarat diatas
Skor 2 jika hanya terpenuhi satu syarat diatas
Skor 1 jika tidak terpenuhi syarat struktur teks
|
||
3.
|
Penggunaan Ejaan
|
Skor 4 jika menemukan salah penggunaan ejaan
maksimal 5 kesalahan
Skor 3 jika salah
penggunaan ejaan maksimal 6 - 10
kesalahan
Skor 2 jika salah
penggunaan ejaan maksimal 11- 15
kesalahan
Skor 1 jika salah
penggunaan ejaan 16 kesalahan
ke atas
|
||
Total skor yang
diperoleh
|
Nilai
:
|
Jumlah
skor
|
X 100
|
8
|
makasih infonya sangat bermanfaat sekali
BalasHapushamil anggur